Kolaborasi Sistem Statistik Nasional 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat

Publikasi Provinsi Kalimantan Barat Dalam Angka 2024 sudah rilis & dapat di unduh di link berikut  || Butuh konsultasi data statistik? Hubungi kami melalui WhatsApp PST BPS Provinsi Kalimantan Barat 0853 6249 9782 || Layanan Pengaduan BPS Provinsi Kalimantan Barat dapat diakses melalui https://s.bps.go.id/pengaduan6100|| Layanan Pengaduan Lapor melalui https://www.lapor.go.id/ ||

Kolaborasi Sistem Statistik Nasional 2024

Kolaborasi Sistem Statistik Nasional 2024

10 Juli 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Dalam rangka memperkuat peranan BPS dalam Sistem Statistik Nasional (SSN) sebagai pembina data statistik, BPS secara rutin melakukan pembinaan penyelenggaraan statistik yang terstruktur dan menyeluruh di berbagai level, tak terkecuali para pengambil kebijakan. Kegiatan pembinaan ini merupakan wujud kolaborasi antara pembina data dan walidata, baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah.

"Kolaborasi dalam statistik nasional diarahkan untuk membangun kapasitas penyelenggara statistik, sumber data, dan literasi statistik dalam penyelenggaraan statistik dan perumusan kebijakan. Penguatan SSN ini akan menghasilkan Statistik Resmi Negara (official statistics) yang objektif, independen, berkualitas, dan terpercaya," ujar Imam Machdi, Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS ketika membuka kegiatan Kolaborasi Sistem Statistik Nasional 2024 di Bali (10/7). Kegiatan ini diikuti oleh kepala BPS provinsi; Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik; kepala bidang yang menangani urusan statistik pada walidata pemerintah daerah provinsi, serta tim pembina statistik sektoral tingkat pusat dan provinsi dari seluruh Indonesia.

Diskusi panel bersama para narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian PPN/Bappenas juga turut memperkuat kolaborasi percepatan transformasi pembangunan di Indonesia. Lebih lanjut, peserta juga diajak melakukan benchmarking pada Pemerintah Provinsi Bali (Pemprov Bali) @pemprov_bali sebagai salah satu pemerintah provinsi yang memiliki Indeks Pembangunan Statistik tertinggi di Indonesia. Dewa Made Indra, Sekretaris Daerah Provinsi Bali hadir dalam menerima kunjungan tersebut.

Peserta juga aktif berdiskusi dengan Kepala Bappeda Pemprov Bali dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Pemprov Bali terkait Penyelenggaraan Forum Satu Data di daerah. Kolaborasi bersama dalam penyediaan data statistik yang berkualitas ini diharapkan dapat mewujudkan SSN yang andal, efektif, dan efisien.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat (BPS-Statistics of Kalimantan Barat Province)Jl. Sutan Syahrir No. 24/42 Pontianak 78116

Telp (0561) 735345

765741

Faks (0561) 732184

Mailbox : bps6100@bps.go.id   

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik